cara fokus

Quote from mba tisa : "gapai cita2 mu setinggi langit + bmimpilah maka Allah akan memeluk mimpi2mu + lbih giat lagi krn orang sukses tdk melakukan hal berbeda hanya cara-nya yg berbeda :)

*sebelum menyesal ^^
"

ngomong2 soal giat&berhubung saat ini saya sedang mau uas (ujian akhir semester), saya jadi pengen nulis cara untuk fokus. jujur saja, saya orang yang sangat tidak fokus.maka dari itu, ijinkan saya untuk berbagi kepada anda semua, cara-cara untuk fokus.
adapun caranya adalah sebagai berikut:

1. Potong goal anda yang besar sehingga menjadi kecil
Jika goal yang anda targetkan, sangat besar. coba untuk membaginya menjadi bagian yang lebih kecil agar lebih terarah dan terstruktur untuk mencapai. dari yang kecil akan menyusun menjadi bagian yang lebih besar.

2. Fokus kepada goal yang mau anda capai
udah jelas ya, kalau kamu pengen A, ya udah jalani ajah cara untuk mencapai A. Ga usah ketika kamu pengen mencapai A, kamu malah melakukan cara untuk mencapai B. Aneh bgt klo gtu.ahaha

3. Tentukan dateline yang spesifik untuk goal anda
yup, alangkah lebih baik jika kamu menentukan dateline agar apa yang kamu lakukan sesuai dengan goal kamu. maksudnya kamunya jadi memiliki pengingat, ohh tanggal sekian saya harus sudah bisa C. tanggal sekian lagi, saya harus udah bisa D. begitu seterusnya. Secara tidak langsung, menentukan dan melakukan sesuatu berdasarkan dateline yang dibuat akan membantu kamu dalam mencapai goal kamu.

4. Anda harus konsisten untuk mengingatkan diri anda terhadap goal yang ingin di capai.
konsistenlah untuk mengingatkan diri anda. jangan tunggu orang lain yang terus mengingatkan anda. Jujur, yang tau lebih banyak tentang kamu, ya dirimu sendiri. yang bisa ngingetin kamu, ya kamu sendiri.

5. Inspirasi dan motivasi diri anda sendiri
Cara selanjutnya ya inspirasi dan motivasi diri anda untuk lebih fokus. anda yang lebih tau diri anda, klo perlu. anda bisa mencari cerita2 inspirasi atau kata2 motivasi yang bisa membakar semangat anda untuk meraih goal yang ingin dicapai. kalau kata pepatah, "kamu adalah apa yang kamu pikirkan." kalau kamu yakin bisa mencapai goal tsb, insya Allah pasti bisa. tinggal berusaha dan berdoa.hehe

6. Hilangkan semua gangguan ketika anda sedang fokus
ini nih yang paling susah menurut saya. ketika kamu pengen fokus,pasti banyak dah gangguannya, kayak facebook, twitter, plurk, tumblr, dll. ini niy yang musti dilawan. ahah..semangat lah..^^

selamat mencoba :)
(tulisan ini jg ditujukan kepada saya dan kepada siapa saja yang membaca tulisan ini)


Komentar

Postingan Populer